Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam arti
seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih
baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang
mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah
ada beberapa arti yang
berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa
kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer
secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles
Babbage mendesain
salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu,
berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat
dikatakan sebagai komputer.
Jenis
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali
dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang
dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita
ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu
pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali
komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal.
Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa
suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat
definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul
pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat
artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode
ini.
Komputer benam
Pada sekitar
20 tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam
kaset video, PDA dan
banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain,
semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat
Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali
dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk
mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal
sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang
maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari
sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai
maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer
pribadi (PC) adalah macam
utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Artikel
utama untuk bagian ini adalah: Komputer pribadi
Komputer
pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer
yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak
akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih
spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer bekerja
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis
sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras
menghitung untuk lebih
banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an
oleh John
von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer
dengan empat bagian utama: Unit
Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
modul memori
RAM
Di sistem
ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau
"lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi.
Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang
harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu
perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi
data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai
papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku
tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit
Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA)
ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan
Logika, atau
Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar
seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya),
pelaksanaan logis (AND,
OR, NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk
kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit
kontrol menyimpan
perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan
dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan
perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai.
Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya
ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah
lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan
informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari
yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa
dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital
adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi
sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke
sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah
0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang
biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin
tetapi memakai bahasa
pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi
lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori
komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS.
Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary
sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari
komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah
dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah
berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program
komputer adalah
daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di
dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari
perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum
(pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat
kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks.
Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang
pandai, pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah
untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke
program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini
sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan
khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan
waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat
saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya
menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem
operasi ialah
semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer
dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang membolehkan pemrogram
untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk
pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain
untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri),
menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya
(perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan
melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di
bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah
hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai
dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga
menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar
dan penggunaan lain.
Orang-orang
di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan
banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang
sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui
rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang
mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer
membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis,
organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk
menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang
mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan
ke sebagai perkebunan server.
Dengan
penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat
murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer
dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka
ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu
yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk
kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh
satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga,
dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan
insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
enis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar